BAB KESUNAHAN-KESUNAHAN SHOLAT

BAB KESUNAHAN-KESUNAHAN SHOLAT
Adzan dan Iqamah
Kesunahan-kesunahan sebelum pelaksanaan sholat ada dua perkara.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ‏( ﺳُﻨَﻨُﻬَﺎ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝِ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﺷَﻴْﺌﺂﻥِ
Yang pertama, adzan. Secara bahasa adzan berarti memberitahu. Dan secara syara’ adalah dzikiran tertentu guna memberitahu masuknya waktu sholat fardlu.
ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥُ ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﻟُﻐَﺔً ﺍﻟْﺈِﻋْﻠَﺎﻡُ ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﺫِﻛْﺮٌ ﻣَﺨْﺼُﻮْﺹٌ ﻟِﻠْﺈِﻋْﻠَﺎﻡِ ﺑِﺪُﺧُﻮْﻝِ ﻭَﻗْﺖِ ﺻَﻠَﺎﺓٍ ﻣَﻔْﺮُﻭْﺿَﺔٍ
Lafadz-lafadz adzan dibaca dua kali kecuali lafadz takbir di permulannya maka dibaca empat kali, dan kecuali lafadz tauhid di akhir adzan, maka dibaca satu kali.
ﻭَﺃَﻟْﻔَﺎﻇُﻪُ ﻣَﺜْﻨَﻰ ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﺘَّﻜْﺒِﻴْﺮَ ﺃَﻭَّﻟَﻪُ ﻓَﺄَﺭْﺑَﻊٌ ﻭَﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﺘَّﻮْﺣِﻴْﺪَ ﺁﺧِﺮَﻩُ ﻓَﻮَﺍﺣِﺪٌ
Dan yang kedua adalah iqamah. Iqamah adalah bentuk masdar dari fi’il madli aqama. Kemudian dijadikan nama sebuah dzikiran tertentu. Karena sesungguhnya dzikiran tersebut digunakan untuk mendirikan sholat.
‏( ﻭَﺍﻟْﺈَﻗَﺎﻣَﺔُ ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﺼْﺪَﺭُ ﺃَﻗَﺎﻡَ ﺛُﻢَّ ﺳُﻤِّﻲَ ﺑِﻪِ ﺍﻟﺬِّﻛْﺮُ ﺍﻟْﻤَﺨْﺼُﻮْﺹُ ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﻳُﻘِﻴْﻢُ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ
Masing-masing dari adzan dan iqamah hanya disyareatkan / dilakukan untuk sholat fardlu. Sedangkan sholat yang lain, maka di kumandangkan dengan bahasa “as shalatu jami’ah” .
ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻳُﺸْﺮَﻉُ ﻛُﻞٌّ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄَﺫَﺍﻥِ ﻭَﺍﻟْﺈِﻗَﺎﻣَﺔِ ﻟِﻠْﻤَﻜْﺘُﻮْﺑَﺔِ ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﻏَﻴْﺮُﻫَﺎ ﻓَﻴُﻨَﺎﺩَﻯ ﻟَﻬَﺎ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﺟَﺎﻣِﻌَﺔً
Kesunahan Setelah Masuk Sholat
Kesunahan-kesunahan di dalam sholat ada dua perkara, yaitu tasyahud awal dan qunut di dalam sholat Shubuh, yaitu saat i’tidal rakaat kedua dari sholat Subuh.
‏( ﻭَ ‏) ﺳُﻨَﻨُﻬَﺎ ‏( ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺪُّﺧُﻮْﻝِ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﺷَﻴْﺌﺂﻥِ ﺍﻟﺘَّﺸَﻬُّﺪُ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝُ ﻭَﺍﻟْﻘُﻨُﻮْﺕُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ ‏) ﺃَﻱْ ﻓِﻲ ﺍﻋْﺘِﺪَﺍﻝِ ﺍﻟﺮَّﻛْﻌَﺔِ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔِ ﻣِﻨْﻪُ
Secara bahasa qunut bermakna do’a. Dan secara syara’ adalah dzikiran tertentu, yaitu
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻫْﺪِﻧِﻲ ﻓَﻴْﻤَﻦْ ﻫَﺪَﻳْﺖَ ﻭَﻋَﺎﻓِﻨِﻲْ ﻓِﻴْﻤَﻦْ ﻋَﺎﻓَﻴْﺖَ ﺇِﻟَﺦْ .
ﻭَﻫُﻮَ ﻟُﻐَﺔً ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀُ ﻭَﺷَﺮْﻋًﺎ ﺫِﻛْﺮٌ ﻣَﺨْﺼُﻮْﺹٌ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺍﻫْﺪِﻧِﻲْ ﻓِﻴْﻤَﻦْ ﻫَﺪَﻳْﺖَ ﻭَﻋَﺎﻓِﻨِﻲْ ﻓِﻴْﻤَﻦْ ﻋَﺎﻓَﻴْﺖَ ﺇِﻟَﺦْ .
Dan qunut di akhir sholat witir pada separuh bulan kedua dari bulan Romadlon.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟْﻘُﻨُﻮْﺕُ ‏( ﻓِﻲْ ‏) ﺁﺧِﺮِ ‏( ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﻓِﻲْ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ﻣِﻦْ ﺷَﻬْﺮِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ‏)
Qunut di dalam sholat witir ini sama seperti qunutnya sholat Subuh yang sebelumnya di dalam tempat dan lafadznya.
ﻭَﻫُﻮَ ﻛَﻘُﻨُﻮْﺕِ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ ﺍﻟْﻤُﺘَﻘَﺪِّﻡِ ﻓِﻲْ ﻣَﺤَﻠِّﻪِ ﻭَﻟَﻔْﻈِﻪِ
Qunut tidak harus menggunakan kalimat-kalimat qunut yang telah dijelaskan di atas. Sehingga, seandainya seseorang melakukan qunut dengan membaca ayat Al Qur’an yang mengandung doa dan
ditujukan untuk qunut, maka kesunahan qunut sudah hasil.
ﻭَﻟَﺎ ﺗَﺘَﻌَﻴَّﻦُ ﻛَﻠِﻤَﺎﺕُ ﺍﻟْﻘُﻨُﻮْﺕِ ﺍﻟﺴَّﺎﺑِﻘَﺔُ ﻓَﻠَﻮْ ﻗَﻨَﺖَ ﺑِﺄَﻳَﺔٍ ﺗَﺘَﻀَﻤَّﻦُ ﺩُﻋَﺎﺀً ﻭَﻗَﺼَﺪَ ﺍﻟْﻘُﻨُﻮْﺕَ ﺣَﺼَﻠَﺖْ ﺳُﻨَّﺔُ ﺍﻟْﻘُﻨُﻮْﺕِ .
Sunnah Haiat
Sunnah haiat -nya sholat ada lima belas perkara. Yang dikehendaki dengan
haiat ialah bukan rukun dan bukan sunnah ab’adl yang diganti dengan sujud sahwi -ketika ditinggalkan-.
‏( ﻭَﻫَﻴْﺌﺂﺗُﻬَﺎ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻭَﺃَﺭَﺍﺩَ ﺑِﻬَﻴْﺌﺂﺗِﻬَﺎ ﻣَﺎ ﻟَﻴْﺲَ ﺭُﻛْﻨًﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﻟَﺎ ﺑَﻌْﻀًﺎ ﻳُﺠْﺒَﺮُ ﺑِﺴُﺠُﻮْﺩِ ﺍﻟﺴَّﻬْﻮِ ‏( ﺧَﻤْﺴَﺔَ ﻋَﺸَﺮَ ﺧَﺼْﻠَﺔً
Yaitu mengangkat kedua tangan saat takbiratul ihram hingga sejajar dengan kedua pundak.
ﺭَﻓْﻊُ ﺍﻟْﻴَﺪَّﻳْﻦِ ﻋِﻨْﺪَ ﺗَﻜْﺒِﻴْﺮَﺓِ ﺍﻟْﺈِﺣْﺮَﺍﻡِ ‏) ﺇِﻟَﻰ ﺣَﺬْﻭِ ﻣَﻨْﻜِﺒَﻴْﻪِ
Dan mengangkat kedua tangan ketika hendak dan bangun dari ruku’.
‏( ﻭَ ‏) ﺭَﻓْﻊُ ﺍﻟْﻴَﺪَّﻳْﻦِ ‏( ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﺮُّﻛُﻮْﻉِ ‏) ﻭَﻋِﻨْﺪَ ‏( ﺍﻟﺮَّﻓْﻊِ ﻣِﻨْﻪُ
Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri. Dan keduanya berada di bawah dada dan di atas pusar.
ﻭَﻭَﺿْﻊُ ﺍﻟْﻴَﻤْﻴِﻦِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺸِّﻤَﺎﻝِ ‏) ﻭَﻳَﻜُﻮْﻧَﺎﻥِ ﺗَﺤْﺖَ ﺻَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻓَﻮْﻕَ ﺳُﺮَّﺗِﻪِ
Do’a tawajjuh , maksudnya ucapan orang yang sholat setelah takbiratul ihram yang berbunyi,
" ﻭَﺟَّﻬْﺖُ ﻭَﺟْﻬِﻲَ ﻟِﻠَّﺬِﻱْ ﻓَﻄَﺮَ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕِ ﻭَﺍْﻷَﺭْﺽَ ﺍﻟَﺦ "
‏( ﻭَﺍﻟﺘَّﻮَﺟُّﻪُ ‏) ﺃَﻱْ ﻗَﻮْﻝُ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ﻋَﻘِﺐَ ﺍﻟﺘَّﺤْﺮِﻳْﻢِ " ﻭَﺟَّﻬْﺖُ ﻭَﺟْﻬِﻲَ ﻟِﻠَّﺬِﻱْ ﻓَﻄَﺮَ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕِ ﻭَﺍْﻷَﺭْﺽَ ﺍﻟَﺦ ."
Yang dikehendaki adalah setelah takbiratul ihram, orang yang sholat membaca doa iftitah,
baik ayat di atas ini atau yang lainnya dari bentuk-bentuk doa istiftah yang datang dari Rosulullah Saw.
ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺃَﻥْ ﻳَﻘُﻮْﻝَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺘَّﺤَﺮُّﻡِ ﺩُﻋَﺎﺀَ ﺍﻟْﺎِﻓْﺘِﺘَﺎﺡِ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟْﺂﻳَﺔَ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻣِﻤَّﺎ ﻭَﺭَﺩَ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﻔْﺘَﺎﺡِ
Membaca isti’adzah (ta’awudz) setelah membaca doa
tawajjuh .
‏( ﻭَﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﻌَﺎﺫَﺓُ ‏) ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺘَّﻮَﺟُّﻪِ
Kesunnah isti’adzah
sudah bisa hasil dengan setiap lafadz yang mengandung
ta’awudz (memohon perlindungan Allah) .
ﻭَﺗَﺤْﺼُﻞُ ﺑِﻜُﻞِّ ﻟَﻔْﻆٍ ﻳَﺸْﺘَﻤِﻞُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺘَّﻌَﻮُّﺫِ
Dan do’a ta’awudz
yang paling utama adalah,
" ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥِ ﺍﻟﺮَّﺟِﻴْﻢِ "
“aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yagn terkutuk.”
ﻭَﺍﻟْﺄَﻓْﻀَﻞُ " ﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥِ ﺍﻟﺮَّﺟِﻴْﻢِ "
Mengeraskan suara di tempatnya, yaitu di dalam sholat Subuh, dua rakaat pertama sholat Maghrib dan Isyat, sholat Jum’at dan dua sholat hari raya.
‏( ﻭَﺍﻟْﺠَﻬْﺮُ ﻓِﻲْ ﻣَﻮْﺿِﻌِﻪِ ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢُ ﻭَﺃُﻭْﻟَﺘَﺎ ﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻭَﺍﻟْﻌِﺸَﺎﺀِ ﻭَﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔُ ﻭَﺍﻟْﻌِﻴْﺪَﺍﻥِ
Memelankan suara di tempatnya, yaitu di selain tempat-tempat yang telah disebutkan di atas.
‏( ﻭَﺍﻟْﺈِﺳْﺮَﺍﺭُ ﻓِﻲْ ﻣَﻮْﺿِﻌِﻪِ ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﺎ ﻋَﺪَﺍ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺫُﻛِﺮَ
Ta’min yaitu ucapan “amin” setelah selesai membaca surat Al Fatihah bagi yang membacanya di dalam sholat dan selainya, akan tetapi di dalam sholat lebih dianjurkan.
‏( ﻭَﺍﻟﺘَّﺄْﻣِﻴْﻦُ ‏) ﺃَﻱْ ﻗَﻮْﻝُ ﺁﻣِﻴْﻦَ ﻋَﻘِﺐَ ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺤَﺔِ ﻟِﻘَﺎﺭِﺋِﻬَﺎ ﻓِﻲْ ﺻَﻠَﺎﺓٍ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ ﻟَﻜِﻦْ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺁﻛَﺪُ
Seorang makmum sunnah membaca “amin” berbarengan dengan bacaan “amin” imamnya dengan mengeraskan suara.
ﻭَﻳُﺆَﻣِّﻦُ ﺍﻟْﻤَﺄْﻣُﻮْﻡُ ﻣَﻊَ ﺗَﺄْﻣِﻴْﻦِ ﺇِﻣَﺎﻣِﻪِ ﻭَﻳَﺠْﻬَﺮُ ﺑِﻪِ .
Membaca surat setelah membaca surat Al Fatihah bagi seorang imam atau orang yang sholat sendiri di dalam dua rakaatnya sholat Subuh dan dua rakaat pertamanya sholat yang lain.
‏( ﻭَﻗِﺮَﺍﺀَﺓُ ﺍﻟﺴُّﻮْﺭَﺓِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺤَﺔِ ‏) ﻟِﺈِﻣَﺎﻡٍ ﻭَﻣُﻨْﻔَﺮِﺩٍ ﻓِﻲْ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻲِ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢِ ﻭَﺃُﻭْﻟَﺘَﻲْ ﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ
Membaca surat itu dilakukan setelah membaca surat Al Fatihah. Sehingga, seandainya seseorang mendahulukan membaca surat sebelum membaca Al Fatihah, maka bacaan suratnya tidak dianggap.
ﻭَﺗَﻜُﻮْﻥُ ﻗِﺮَﺍﺀَﺓُ ﺍﻟﺴُّﻮْﺭَﺓِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺤَﺔِ ﻓَﻠَﻮْ ﻗَﺪَّﻡَ ﺍﻟﺴُّﻮْﺭَﺓَ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﻟَﻢْ ﺗُﺤْﺴَﺐْ
Bacaan takbir saat turun ke posisi ruku’.
‏( ﻭَﺍﻟﺘَّﻜْﺒِﻴْﺮَﺍﺕُ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﺨَﻔْﺾِ ‏) ﻟِﻠﺮَّﻛُﻮْﻉِ
Dan saat mengangkat, maksudnya mengangkat punggung dari posisi ruku’.
‏( ﻭَﺍﻟﺮَّﻓْﻊِ ‏) ﺃَﻱْ ﺭَﻓْﻊِ ﺍﻟﺼُّﻠْﺐِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮَّﻛُﻮْﻉِ
Bacaan “ ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟِﻤَﻦ ﺣَﻤِﺪَﻩُ ” ketika mengangkat kepala dari ruku’.
‏( ﻭَﻗَﻮْﻝُ ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟِﻤَﻦ ﺣَﻤِﺪَﻩُ ‏) ﺣَﻴْﻦَ ﻳَﺮْﻓَﻊُ ﺭَﺃْﺳَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮَّﻛُﻮْﻉِ
Dan seandainya seorang yang sholat mengucapkan ﻣَﻦْ ﺣَﻤَﺪَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺳَﻤِﻊَ ﻟَﻪُ " ” “barang siapa memuji Allah, maka semoga Allah mendengar pujiannya”, maka sudah mencukupi.
ﻭَﻟَﻮْ ﻗَﺎﻝَ " ﻣَﻦْ ﺣَﻤِﺪَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺳَﻤِﻊَ ﻟَﻪُ " ﻛَﻔَﻰ
Makna “ ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟِﻤَﻦ ﺣَﻤِﺪَﻩُ ” adalah semoga Allah menerima pujian darinya dan memberi balasan atas pujiannya.
ﻭَﻣَﻌْﻨَﻰ ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻟِﻤَﻦْ ﺣَﻤِﺪَ " ﺗَﻘَﺒَّﻞَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻣِﻨْﻪُ ﺣَﻤْﺪَﻩُ ﻭَﺟَﺎﺯَﺍﻩُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ "
Ucapan musholi (orang yang sholat) “ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻟَﻚَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ “ ketika sudah berdiri tegap.
ﻭَﻗَﻮْﻝُ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ‏( ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻟَﻚَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ‏) ﺇِﺫَﺍ ﺍﻧْﺘَﺼَﺐَ ﻗَﺎﺋِﻤًﺎ
Membaca tasbih di dalam ruku’. Minimal sempurna di dalam bacaan tasbih ini adalah " ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺭَﺑِّﻲَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ " tiga kali.
‏( ﻭَﺍﻟﺘَّﺴْﺒِﻴْﺢُ ﻓِﻲْ ﺍﻟﺮَّﻛُﻮْﻉِ ‏) ﻭَﺃَﺩَﻧَﻰ ﺍﻟْﻜَﻤَﺎﻝِ ﻓِﻲْ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺘَّﺴْﺒِﻴْﺢِ " ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺭَﺑِّﻲَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ " ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ
Membaca tasbih di dalam sujud. Minimal sempurna di dalam bacaan tasbih ini adalah " ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺭَﺑِّﻲَ ﺍﻟْﺄَﻋْﻠَﻰ " tiga kali.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺘَّﺴْﺒِﻴْﺢُ ﻓِﻲْ ‏( ﺍﻟﺴُّﺠُﻮْﺩِ ‏) ﻭَﺃَﺩْﻧَﻰ ﺍﻟْﻜَﻤَﺎﻝِ ﻓِﻴْﻪِ " ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺭَﺑِّﻲَ ﺍﻟْﺄَﻋْﻠَﻰ " ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ
Untuk dzikiran yang paling sempurna di dalam bacaan tasbih saat ruku’ dan sujud sudah mashur.
ﻭَﺍﻟْﺄَﻛْﻤَﻞُ ﻓِﻲْ ﺗَﺴْﺒِﻴْﺢِ ﺍﻟﺮَّﻛُﻮْﻉِ ﻭَﺍﻟﺴُّﺠُﻮْﺩِ ﻣَﺸْﻬُﻮْﺭٌ
Meletakkan kedua tangan di atas kedua paha saat duduk tasyahud awal dan akhir.
‏( ﻭَﻭَﺿْﻊُ ﺍﻟْﻴَﺪَّﻳْﻦِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻔَﺨْﺬَﻳْﻦِ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺠُﻠُﻮْﺱِ ‏) ﻟِﻠﺘَّﺸَﻬُّﺪِ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺧِﻴْﺮِ
Dengan membuka tangan kiri sekira ujung jemarinya sejajar dengan lutut.
‏( ﻳَﺒْﺴُﻂُ ‏) ﺍﻟْﻴَﺪَّ ‏( ﺍﻟْﻴُﺴْﺮَﻯ ‏) ﺑِﺤَﻴْﺚُ ﺗُﺴَﺎﻣِﺖُ ﺭُﺅُﺱُ ﺃَﺻَﺎﺑِﻌِﻬَﺎ ﺍﻟﺮُّﻛْﺒَﺔَ
Dan menggenggam tangan kanan, maksudnya jemarinya, kecuali jari telunjuk tangan kanan.
‏( ﻭَﻳَﻘْﺒِﺾُ ‏) ﺍﻟْﻴَﺪَّ ‏( ﺍﻟْﻴُﻤْﻨَﻰ ‏) ﺃَﻱْ ﺃَﺻَﺎﺑِﻌَﻬَﺎ ‏( ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟْﻤُﺴَﺒِّﺤَﺔَ ‏) ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻴُﻤْﻨَﻰ
Maka ia tidak menggenggamnya, karena sesungguhnya ia akan menggunakannya untuk isyarah, mengangkatnya saat mengucapkan tasyahud, yaitu ketika mengucapkan kalimat
" ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﻠﻪُ " .
ﻓَﻠَﺎ ﻳَﻘْﺒِﻀُﻬَﺎ ‏( ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳُﺸِﻴْﺮُ ﺑِﻬَﺎ ‏) ﺭَﺍﻓِﻌًﺎ ﻟَﻬَﺎ ﺣَﺎﻝَ ﻛَﻮْﻧِﻪِ ‏( ﻣُﺘَﺸَﻬِّﺪًﺍ ‏) ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻋِﻨْﺪَ ﻗَﻮْﻝِ " ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟﻠﻪُ "
Dan hendaknya ia tidak menggerak-gerakan jari telunjuknya. Jika ia menggerak-gerakannya, maka hukumnya makruh dan sholatnya tidak sampai batal menurut pendapat al ashah.
ﻭَﻟَﺎ ﻳُﺤَﺮِّﻛُﻬَﺎ ﻓَﺈِﻥْ ﺣَﺮَّﻛَﻬَﺎ ﻛُﺮِﻩَ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﺒْﻄُﻞُ ﺻَﻠَﺎﺗُﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺻَﺢِّ .
Dan sunnah melakukan duduk
iftirasy pada semua posisi duduk yang dilakukan di dalam sholat, seperti duduk
istirahah, duduk di antara dua sujud dan duduk tasyahud awal.
‏( ﻭَﺍﻟْﺎِﻓْﺘَﺮَﺍﺵُ ﻓِﻲْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﺍﻟْﺠَﻠَﺴَﺎﺕِ ‏) ﺍﻟْﻮَﺍﻗِﻌَﺔِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻛَﺠُﻠُﻮْﺱِ ﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﺮَﺍﺣَﺔِ ﻭَﺍﻟْﺠُﻠُﻮْﺱِ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟﺴَّﺠْﺪَﺗَﻴْﻦِ ﻭَﺟُﻠُﻮْﺱِ ﺍﻟﺘَّﺸَﻬُّﺪِ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝِ
Iftirasy adalah seseorang menduduki mata kaki kirinya, memposisikan punggung kaki kirinya pada lantai, menegakkan telapak kaki kanan, dan memposisikan jemari kaki kanannya menempel pada lantai dan menghadap ke kiblat.
ﻭَﺍﻟْﺎِﻓْﺘِﺮَﺍﺵُ ﺃَﻥْ ﻳَﺠْﻠِﺲَ ﺍﻟﺸَّﺨْﺺُ ﻋَﻠَﻰ ﻛَﻌْﺐِ ﺍﻟْﻴُﺴْﺮَﻯ ﺟَﺎﻋِﻠًﺎ ﻇَﺎﻫِﺮَﻫَﺎ ﻟِﻠْﺄَﺭْﺽِ ﻭَﻳَﻨْﺼِﺐَ ﻗَﺪَﻣَﻪُ ﺍﻟْﻴُﻤْﻨَﻰ ﻭَﻳَﻀَﻊُ ﺑِﺎﻟْﺄَﺭْﺽِ ﺃَﻃْﺮَﺍﻑَ ﺃَﺻَﺎﺑِﻌِﻬَﺎ ﻟِﺠِﻬَﺔِ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ
Dan sunnah duduk
tawarruk saat duduk terakhir dari duduk-duduk di dalam sholat, yaitu duduk tasyahud akhir.
‏( ﻭَﺍﻟﺘَّﻮَﺭُّﻙُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠَﻠﺴَﺔِ ﺍﻟْﺄَﺧِﻴْﺮَﺓِ ‏) ﻣِﻦْ ﺟَﻠَﺴَﺎﺕِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻭَﻫِﻲْ ﺟُﻠُﻮْﺱُ ﺍﻟﺘَّﺸَﻬُّﺪِ ﺍﻟْﺄَﺧِﻴْﺮِ
Tawarruk sama dengan posisi duduk
iftirasy , hanya saja di samping menetapi posisi iftirasy , mushali mengeluarkan kaki kirinya melalui arah bawah kaki kanannya dan menempelkan pantatnya ke lantai.
ﻭَﺍﻟﺘَّﻮَﺭُّﻙُ ﻣِﺜْﻞُ ﺍﻟْﺎِﻓْﺘِﺮَﺍﺵِ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻥَّ ﺍﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲَ ﻳُﺨْﺮِﺝُ ﻳَﺴَﺎﺭَﻩُ ﻋَﻠَﻰ ﻫَﻴْﺌَﺘِﻬَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺎِﻓْﺘِﺮَﺍﺵِ ﻣِﻦْ ﺟِﻬَﺔِ ﻳَﻤِﻴْﻨِﻪِ ﻭَﻳُﻠْﺼِﻖُ ﻭَﺭَﻛَﻪُ ﺑِﺎﻟْﺄَﺭْﺽِ
Adapun makmum masbuq dan orang yang lupa, maka dia disunnahkan melakkan duduk
iftirasy, tidak duduk
tawarruk.
ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻤَﺴْﺒُﻮْﻕُ ﻭَﺍﻟﺴَّﺎﻫِﻲْ ﻓَﻴَﻔْﺘَﺮِﺷَﺎﻥِ ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺘَﻮَﺭَّﻛَﺎﻥِ
Dan sunnah mengucapkan salam kedua. Adapun salam yang pertama, maka sudah dijelaskan bahwa sesungguhnya termasuk dari rukun-rukunnya sholat.
‏( ﻭَﺍﻟﺘَّﺴْﻠِﻴْﻤَﺔُ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔُ ‏) ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﺄَﻭْﻟَﻰ ﻓَﺴَﺒَﻖَ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺃَﺭْﻛَﺎﻥِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ .
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)

Amalan Doa Bagi Orang Yg Bangkrut Selalu Gagal Usaha Dan Banyak Hutang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASAL USUL ISTILAH WAHABI WAHHABI WAHHABY YG BENAR

Khasiat Doa Nurbuat atau Nurun Nubuwwah

Aku Mengenalmu Tanpa Sengaja