BAB PERKARA-PERKARA YANG MEMBATALKAN WUDLU’
BAB PERKARA-PERKARA YANG MEMBATALKAN WUDLU’
(Fasal) menjelaskan perkara-perkara yang membatalkan wudlu’ yang disebut juga dengan “sebab-sebab hadats”.
( ﻓَﺼْﻞٌ ) ﻓِﻲْ ﻧَﻮَﺍﻗِﺾِ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀِ ﺍﻟْﻤُﺴَﻤَّﺎﺓِ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﺑِﺄَﺳْﺒَﺎﺏِ ﺍﻟْﺤَﺪَﺙِ .
Perkara yang merusak, maksudnya yang membatalkan wudlu’ ada enam perkara.
( ﻭَﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻳُﻨْﻘِﺾُ ) ﺃَﻱْ ﻳُﺒْﻄِﻞُ ( ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀَ ) .
Sesuatu Yang Keluar dari Dua Jalan
Salah satunya adalah sesuatu yang keluar dari dua jalan yaitu
qubul dan dubur -nya orang yang memiliki wudlu, yang hidup dan jelas -jenis kelaminnya-.
ﺃَﺣَﺪُﻫَﺎ ( ﻣَﺎ ﺧَﺮَﺝَ ﻣِﻦْ ) ﺃَﺣَﺪِ ( ﺍﻟﺴَّﺒِﻴْﻠَﻴْﻦِ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻘُﺒُﻞِ ﻭَﺍﻟﺪُّﺑُﺮِ ﻣِﻦْ ﻣُﺘَﻮَﺿِّﺊٍ ﺣَﻲٍّ ﻭَﺍﺿِﺢٍ .
Baik yang keluar itu adalah sesuatu yang biasa keluar seperti kencing dan tahi, atau jarang keluar seperti darah dan kerikil. Baik yang najis seperti contoh-contoh ini, atau suci seperti ulat (kermi : jawa).
ﻣُﻌْﺘَﺎﺩًﺍ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﺨَﺎﺭِﺝُ ﻛَﺒَﻮْﻝٍ ﻭَﻏَﺎﺋِﻂٍ ﺃَﻭْ ﻧَﺎﺩِﺭًﺍ ﻛَﺪَﻡٍّ ﻭَﺣَﺼَﺎ ﻧَﺠَﺴًﺎ ﻛَﻬَﺬِﻩِ ﺍﻟْﺄَﻣْﺜِﻠَﺔِ ﺃَﻭْ ﻃَﺎﻫِﺮًﺍ ﻛَﺪُﻭْﺩٍ .
Kecuali sperma yang keluar sebab mimpi yang dialami oleh orang yang memiliki wudlu’ yang tidur dengan menetapkan pantatnya di lantai, maka sperma tersebut tidak membatalkan wudlu’.
ﺇِﻟَّﺎ ﺍﻟْﻤَﻨِﻲَّ ﺍﻟْﺨَﺎﺭِﺝَ ﺑِﺎﺣْﺘِﻠَﺎﻡٍ ﻣِﻦْ ﻣُﺘَﻮَﺿِّﺊٍ ﻣُﻤَﻜَّﻦٍ ﻣَﻘْﻌَﺪَﻩُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻓَﻠَﺎ ﻳُﻨْﻘِﺾُ .
Orang khuntsa musykil, wudlu’nya hanya bisa batal sebab ada sesuatu yang keluar dari
kedua farjinya secara keseluruhan.
ﻭَﺍﻟْﻤُﺸْﻜِﻞُ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻳَﻨْﻘُﺾُ ﻭُﺿُﻮْﺅُﻩُ ﺑِﺎﻟْﺨَﺎﺭِﺝِ ﻣِﻦْ ﻓَﺮْﺟَﻴْﻪِ ﺟَﻤِﻴْﻌًﺎ .
Batal Sebab Tidur
Dan yang kedua adalah tidur dengan keadaan tidak menetapkan pantat. Dalam sebagian redaksi matan ada tambahan kata-kata “dari tanah dengan tempat duduknya”. Tanah bukanlah menjadi qayyid.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲ ( ﺍﻟﻨَّﻮْﻡُ ﻋَﻠَﻰ ﻏَﻴْﺮِ ﻫَﻴْﺌَﺔِ ﺍﻟْﻤَﺘَﻤَﻜِّﻦِ ) ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﻧُﺴَﺦِ ﺍﻟْﻤَﺘْﻦِ ﺯِﻳَﺎﺩَﺓٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﺑِﻤَﻘْﻌَﺪِﻩِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽُ ﻟَﻴْﺴَﺖْ ﺑِﻘَﻴِّﺪٍ .
Dengan bahasa “menetapkan pantat”, maka terkecuali kalau dia tidur dalam keadaan duduk yang tidak menetapkan pantat, tidur dalam keadaan berdiri atau tidur terlentang walaupun menetapkan pantatnya.
ﻭَﺧَﺮَﺝَ ﺑِﺎﻟْﻤُﺘَﻤَﻜِّﻦِ ﻣَﺎ ﻟَﻮْ ﻧَﺎﻡَ ﻗَﺎﻋِﺪًﺍ ﻏَﻴْﺮَ ﻣُﺘَﻤَﻜِّﻦٍ ﺃَﻭْ ﻧَﺎﻡَ ﻗَﺎﺋِﻤًﺎ ﺃَﻭْ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﻔَﺎﻩُ ﻭَﻟَﻮْ ﻣُﺘَﻤَﻜِّﻨًﺎ .
Sebab Hilangnya Akal
Dan yang ketiga adalah hilangnya akal, maksudnya akalnya terkalahkan sebab mabuk, sakit, gila, epilepsi atau selainnya.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ( ﺯَﻭَﺍﻝُ ﺍﻟْﻌَﻘْﻞِ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻐَﻠَﺒَﺔُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ( ﺑِﺴُﻜْﺮٍ ﺃَﻭْ ﻣَﺮَﺽٍ ) ﺃَﻭْ ﺟُﻨُﻮْﻥٍ ﺃَﻭْ ﺇِﻏْﻤَﺎﺀٍ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮِ ﺫَﻟِﻚَ .
Sebab Bersentuhan Kulit
Yang ke empat adalah
persentuhan kulit
laki-laki dengan kulit
perempuan lain yang bukan mahram walaupun sudah meninggal dunia.
( ﻭَ ) ﺍﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ( ﻟَﻤْﺲُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓَ ﺍﻟْﺄَﺟْﻨَﺒِﻴَّﺔَ ) ﻏَﻴْﺮَ ﺍﻟْﻤَﺤْﺮَﻡِ ﻭَﻟَﻮْ ﻣَﻴِّﺘَﺔً .
Yang dikehendaki dengan laki-laki dan perempuan adalah laki-laki dan perempuan yang telah mencapai batas syahwat [1] secara
‘urf .
ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﺎﻟﺮَّﺟُﻞِ ﻭَﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓِ ﺫَﻛَﺮٌ ﻭَﺃُﻧْﺜًﻰ ﺑَﻠَﻐَﺎ ﺣَﺪَّ ﺍﻟﺸَّﻬْﻮَﺓِ ﻋُﺮْﻓًﺎ .
Yang dikehendaki dengan mahram adalah wanita yang haram dinikah karena ikatan nasab,
radla’ (tunggal susu) atau ikatan
mushaharah
(pernikahan).
ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﺎﻟْﻤَﺤْﺮَﻡِ ﻣَﻦْ ﺣَﺮُﻡَ ﻧِﻜَﺎﺣُﻬَﺎ ﻟِﺄَﺟْﻞِ ﻧَﺴَﺐٍ ﺃَﻭْ ﺭَﺿَﺎﻉٍ ﺃَﻭْ ﻣُﺼَﺎﻫَﺮَﺓٍ .
Perkataan mushannif, “tanpa ada penghalang -di antara keduanya-” mengecualikan seandainya terdapat penghalang di antara keduanya, maka kalau demikian tidak batal.
ﻭَﻗَﻮْﻟُﻪُ ( ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺣَﺎﺋِﻞٍ ) ﻳُﺨْﺮِﺝُ ﻣَﺎ ﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﻫُﻨَﺎﻙَ ﺣَﺎﺋِﻞٌ ﻓَﻠَﺎ ﻧَﻘْﺾَ ﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ .
Sebab Memegang Kemaluan
Yang kelima, yaitu hal-hal yang membatalkan wudlu’ yang terakhir adalah menyentuh kemaluan anak Adam dengan bagian dalam telapak tangan, baik kemaluannya sendiri atau orang lain, laki-laki atau perempuan, kecil atau besar, masih hidup ataupun sudah meninggal dunia.
( ﻭَ ) ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺲُ ﻭَﻫُﻮَ ﺁﺧِﺮُ ﺍﻟﻨَّﻮَﺍﻗِﺾِ ( ﻣَﺲُّ ﻓَﺮْﺝِ ﺍﻟْﺂﺩَﻣِﻲِّ ﺑِﺒَﺎﻃِﻦِ ﺍﻟْﻜَﻒِّ ) ﻣِﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻩِ ﺫَﻛَﺮًﺍ ﺃَﻭْ ﺃُﻧْﺜًﻰ ﺻَﻐِﻴْﺮًﺍ ﺃَﻭْ ﻛَﺒِﻴْﺮًﺍ ﺣَﻴًّﺎ ﺃَﻭْ ﻣَﻴِّﺘًﺎ .
Lafadz “anak Adam” tidak tercantum di dalam sebagian redaksi matan.
ﻭَﻟَﻔْﻆُ ﺍﻟْﺂﺩَﻣِﻲٍّ ﺳَﺎﻗِﻂٌ ﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﻧُﺴَﺦِ ﺍﻟْﻤَﺘْﻦِ .
Begitu juga tidak tercantum di sebagian redaksi adalah ungkapan mushannif “dan menyentuh lingkaran dubur anak Adam itu bisa membatalkan menurut pendapat qaul Jadid”.
ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻗَﻮْﻟُﻪُ ( ﻭَﻣَﺲُّ ﺣَﻠْﻘَﺔِ ﺩُﺑُﺮِﻩِ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﺂﺩَﻣِﻲِّ ﻳُﻨْﻘِﺾُ ( ﻋَﻠَﻰ ) ﺍﻟْﻘَﻮْﻝِ ( ﺍﻟْﺠَﺪِﻳْﺪِ ) .
Menurut qaul Qadim, menyentuh lingkaran dubur anak Adam tidak membatalkan wudlu’.
ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻘَﺪِﻳْﻢِ ﻟَﺎﻳُﻨْﻘِﺾُ ﻣَﺲُّ ﺍﻟْﺤَﻠْﻘَﺔِ
Yang dikehendaki dengan halqah adalah tempat bertemunya lubang keluarnya kotoran. Dan yang dikehendaki dengan bagian dalam tangan adalah telapak tangan beserta bagian dalam jari-jari tangan.
ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﻬَﺎ ﻣُﻠْﺘَﻘَﻰ ﺍﻟْﻤَﻨْﻔَﺬِ ﻭَﺑِﺒَﺎﻃِﻦِ ﺍﻟْﻜَﻒِّ ﺍﻟﺮَّﺍﺣَﺔِ ﻣَﻊَ ﺑُﻄُﻮْﻥِ ﺍﻟْﺄَﺻَﺎﺑِﻊِ
Dikecualikan dari bagian dalam tangan
yaitu bagian luar dan pinggir tangan, ujung jemari dan bagian di
antara jemari. Maka tidak sampai membatalkan wudlu’ sebab menyentuh dengan bagian-bagian tersebut, maksudnya setelah menekan sedikit.
ﻭَﺧَﺮَﺝَ ﺑِﺒَﺎﻃِﻦِ ﺍﻟْﻜَﻒِّ ﻇَﺎﻫِﺮُﻩُ ﻭَﺣَﺮْﻓُﻪِ ﻭَﺭَﺅُﻭْﺱُ ﺍﻟْﺄَﺻَﺎﺑِﻊِ ﻭَﻣَﺎ ﺑَﻴْﻨَﻬَﺎ ﻓَﻠَﺎ ﻧَﻘْﺾَ ﺑِﺬَﻟِﻚَ ﺃَﻱْ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺘَّﺤَﺎﻣُّﻞَ ﺍﻟْﻴَﺴِﻴْﺮِ
[1] Yang dikehendaki dengan batas syahwat adalah sudah mencapai usia yang biasanya sudah disukai oleh lawan jenis.
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Komentar
Posting Komentar