BAB QASHAR & JAMA’

BAB QASHAR & JAMA’
(Fasal) menjelaskan qashar dan jama’ sholat.
‏( ﻓَﺼْﻞٌ ﻓِﻲْ ﻗَﺼْﺮِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻭَﺟَﻤْﻌِﻬَﺎ
Diperkenankan bagi musafir, yaitu orang yang sedang bepergian untuk mengqashar sholat empat rakaat, bukan yang lainnya yaitu sholat dua rakaat dan tiga rakaat.
‏( ﻭَﻳَﺠُﻮْﺯُ ﻟِﻠْﻤُﺴَﺎﻓِﺮِ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻤُﺘَﻠَﺒِّﺲِ ﺑِﺎﻟﺴَّﻔَﺮِ ‏( ﻗَﺼْﺮُ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺍﻟﺮُّﺑَﺎﻋِﻴَّﺔِ ‏) ﻟَﺎﻏَﻴْﺮِﻫَﺎ ﻣِﻦْ ﺛَﻨَﺎﺋِﻴَّﺔٍ ﻭَﺛُﻠَﺎﺛِﻴَّﺔٍ
Syarat Qashar Sholat
Diperkenankan mengqashar sholat dengan lima syarat.
ﻭَﺟَﻮَﺍﺯُ ﻗَﺼْﺮِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺍﻟﺮُّﺑَﺎﻋِﻴَّﺔِ ‏( ﺑِﺨَﻤْﺲِ ﺷَﺮَﺍﺋِﻂَ ‏)
Yang pertama, perjalanan yang dilakukannya bukan maksiat.
ﺍْﻷَﻭَّﻝُ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮْﻥَ ﺳَﻔَﺮُﻩُ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺸَّﺨْﺺِ ‏( ﻓِﻲْ ﻏَﻴْﺮِ ﻣَﻌْﺼِﻴَﺔٍ ‏)
Yaitu mencakup perjalanan wajib seperti untuk melunasi hutang, perjalanan sunnah seperti untuk silaturrahmi dan perjalanan mubah seperti perjalanan untuk berdagang.
ﻫُﻮَ ﺷَﺎﻣِﻞٌ ﻟِﻠْﻮَﺍﺟِﺐِ ﻛَﻘَﻀَﺎﺀِ ﺩَﻳْﻦٍ ﻭَﻟِﻠْﻤَﻨْﺪُﻭْﺏِ ﻛَﺼِﻠَّﺔِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻢِ ﻭَﻟِﻠْﻤُﺒَﺎﺡِ ﻛَﺴَﻔَﺮِ ﺗِﺠَﺎﺭَﺓٍ
Adapun perjalanan maksiat seperti perjalanan untuk membegal jalan, maka saat melakukan perjalanan ini, seseorang tidak diperkenankan melakukan kemurahan qashar sholat dan jama’.
ﺃَﻣَّﺎ ﺳَﻔَﺮُ ﺍﻟْﻤَﻌْﺼِﻴَﺔِ ﻛَﺴَﻔَﺮٍ ﻟِﻘَﻄْﻊِ ﺍﻟﻄَّﺮِﻳْﻖِ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺘَﺮَﺧَّﺺُ ﻓِﻴْﻪِ ﺑِﻘَﺼْﺮٍ ﻭَﻟَﺎ ﺟَﻤْﻊٍ
Kedua, jarak perjalanannya mencapai enam belas
farsakh secara pasti menurut pendapat al ashah. Dan jarak yang ditempuh saat pulang tidak dihitung.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ‏( ﺃَﻥْ ﺗَﻜُﻮْﻥَ ﻣَﺴَﺎﻓَﺘُﻪُ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﺴَّﻔَﺮِ ‏( ﺳِﺘَّﺔَ ﻋَﺸَﺮَ ﻓَﺮْﺳَﺨًﺎ ‏) ﺗَﺤْﺪِﻳْﺪًﺍ ﻓِﻲْ ﺍﻟْﺄَﺻَﺢِّ ﻭَﻟَﺎ ﺗُﺤْﺴَﺐُ ﻣُﺪَّﺓُ ﺍﻟﺮُّﺟُﻮْﻉِ ﻣِﻨْﻬَﺎ
Satu farsakh adalah tiga mil. Kalau demikian, maka jumlah seluruh farsakh di atas adalah empat puluh delapan mil. Satu mil adalah empat ribu jangka kaki. Dan satu jangka sama dengan tiga telapak kaki. Yang dikehendaki dengan mil adalah ukuran mil keturuan bani Hasyim.
ﻭَﺍﻟْﻔَﺮْﺳَﺦُ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔُ ﺃَﻣْﻴَﺎﻝٍ ﻭَﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ ﻓَﻤَﺠْﻤُﻮْﻉُ ﺍﻟْﻔَﺮَﺍﺳِﺦِ ﺛَﻤَﺎﻧِﻴَﺔٌ ﻭَﺃَﺭْﺑَﻌُﻮْﻥَ ﻣَﻴْﻠًﺎ ﻭَﺍﻟْﻤَﻴْﻞُ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔُ ﺃَﻟَﺎﻑِ ﺧَﻄْﻮَﺓٍ ﻭَﺍﻟْﺨَﻄْﻮَﺓُ ﺛَﻠَﺎﺛَﺔُ ﺃَﻗْﺪَﺍﻡٍ ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﺎﻟْﺄَﻣْﻴَﺎﻝِ ﺍﻟْﻬَﺎﺷِﻤِﻴَّﺔِ
Ketiga, orang yang melakukan qashar adalah orang yang melakukan sholat empat rakaat secara ada’.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮْﻥَ ‏) ﺍﻟْﻘَﺎﺻِﺮُ ‏( ﻣُﺆَﺩِّﻳًﺎ ﻟِﻠﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺍﻟﺮُّﺑَﺎﻋِﻴَّﺔِ ‏)
Adapun sholat yang tertinggal saat di rumah, maka tidak diperkenankan diqadla’ secara qashar saat melakukan perjalanan. Sedangkan sholat yang tertinggal diperjalanan, maka boleh diqadla’ dengan diqashar saat melakukan perjalanan, tidak diqadla’ di rumah.
ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻔَﺎﺋِﺘَﺔُ ﺣَﻀَﺮًﺍ ﻓَﻠَﺎ ﺗُﻘْﻀَﻰ ﻓِﻴْﻪِ ﻣَﻘْﺼُﻮْﺭَﺓً ﻭَﺍﻟْﻔَﺎﺋِﺘَﺔُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﻔَﺮِ ﺗُﻘْﻀَﻰ ﻓِﻴْﻪِ ﻣَﻘْﺼُﻮْﺭَﺓً ﻟَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﻀَﺮِ
Ke empat, seorang musafir niat melakukan qashar besertaan takbiratul ihram sholat tersebut.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟﺮَّﺍﺑِﻊُ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﻨْﻮِﻱَ ‏) ﺍﻟْﻤُﺴَﺎﻓِﺮُ ‏( ﺍﻟْﻘَﺼْﺮَ ‏) ﻟِﻠﺼَّﻼَﺓِ ‏( ﻣَﻊَ ﺍﻟْﺈِﺣْﺮَﺍﻡِ ‏) ﺑِﻬَﺎ
Ke lima, orang yang qashar sholat tidak bermakmum di dalam sebagian sholatnya pada orang muqim, yaitu orang yang melakukan sholat secara sempurna. Pentafsiran seperti ini (orang yang sholat secara sempurnya) agar mencakup pada seorang musafir yang melakukan sholat dengan sempurna.
‏( ﻭَ ‏) ﺍﻟْﺨَﺎﻣِﺲُ ‏( ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳَﺄْﺗَﻢَّ ‏) ﻓِﻲْ ﺟُﺰْﺀٍ ﻣِﻦْ ﺻَﻼَﺗِﻪِ ‏( ﺑِﻤُﻘِﻴْﻢٍ ‏) ﺃَﻱْ ﺑِﻤَﻦْ ﻳُﺼَﻠِّﻲْ ﺻَﻠَﺎﺓً ﺗَﺎﻣَّﺔً ﻟِﻴَﺸْﻤُﻞَ ﺍﻟْﻤُﺴَﺎﻓِﺮَ ﺍﻟْﻤُﺘِﻢَّ .
Sholat-Sholat Yang Boleh di Jama’
Bagi seorang musafir yang melakukan perjalanan jauh yang mubah, diperkenankan menjama’ antara sholat Dhuhur dan Ashar, dengan jama’ taqdim dan jama’ ta’khir. Dan ini adalah makna perkataan mushannif, “di waktu manapun yang ia kehendaki”.
‏( ﻭَﻳَﺠُﻮْﺯُ ﻟِﻠْﻤُﺴَﺎﻓِﺮِ ‏) ﺳَﻔَﺮًﺍ ﻃَﻮِﻳْﻠًﺎ ﻣُﺒَﺎﺣًﺎ ‏( ﺃَﻥْ ﻳَﺠْﻤَﻊَ ﺑَﻴْﻦَ ‏) ﺻَﻠَﺎﺗَﻲِ ‏( ﺍﻟﻈُّﻬْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ ‏) ﺗَﻘْﺪِﻳْﻤًﺎ ﻭَﺗَﺄْﺧِﻴْﺮًﺍ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﻌْﻨَﻰ ﻗَﻮْﻟِﻪِ ‏( ﻓِﻲْ ﻭَﻗْﺖِ ﺃَﻳِّﻬِﻤَﺎ ﺷَﺎﺀَ
Dan diperkenankan menjama’ antara sholat Maghrib dan Isya’ dengan jama’ taqdim dan jama’ ta’khir. Dan ini adalah makna ungkapan mushannif, “di waktu manapun yang ia kehendaki”.
ﻭَ ‏) ﺃَﻥْ ﻳَﺠْﻤَﻊَ ‏( ﺑَﻴْﻦَ ‏) ﺻَﻠَﺎﺗَﻲِ ‏( ﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻭَﺍﻟْﻌِﺸَﺎﺀِ ‏) ﺗَﻘْﺪِﻳْﻤًﺎ ﻭَﺗَﺄْﺧِﻴْﺮًﺍ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﻌْﻨَﻰ ﻗَﻮْﻟِﻪِ ‏( ﻓِﻲْ ﻭَﻗْﺖِ ﺃَﻳِّﻬِﻤَﺎ ﺷَﺎﺀَ ‏)
Syarat Jama’ Taqdim
Syarat-syarat jama’ taqdim ada tiga. Yang pertama, di mulai dengan melakukan sholat Dhuhur sebelum sholat Ashar, dan dengan sholat Maghrib sebelum sholat Isya’.
ﻭَﺷُﺮُﻭْﻁُ ﺟَﻤْﻊِ ﺍﻟْﺘَﻘْﺪِﻳْﻢِ ﺛَﻼَﺛَﺔٌ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻝُ ﺃَﻥْ ﻳَﺒْﺪَﺃَ ﺑِﺎﻟﻈُّﻬْﺮِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ ﻭَﺑِﺎﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻌِﺸَﺎﺀِ
Seandainya dia membalik, seperti memulai dengan sholat Ashar sebelum melakukan sholat Dhuhur, maka tidak sah dan dia harus mengulangi sholat Ashar setelah melakukan sholat Dhuhur jika ingin melakukan sholat jama’.
ﻓَﻠَﻮْ ﻋَﻜَﺲَ ﻛَﺄَﻥْ ﺑَﺪَﺃَ ﺑِﺎﻟْﻌَﺼْﺮِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﻈُّﻬْﺮِ ﻣَﺜَﻠًﺎ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ ﻭَﻳُﻌْﻴِﺪُﻫَﺎ ﺑَﻌْﺪَﻫَﺎ ﺇِﻥْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟْﺠَﻤْﻊَ
Kedua, melakukan niat jama’ di permulaan sholat yang pertama, yaitu membarengkan niat jama’ dengan takbiratul ihramnya.
ﻭَﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ﻧِﻴَﺔُ ﺍﻟْﺠَﻤْﻊِ ﺃَﻭَّﻝَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ ﺑِﺄَﻥْ ﺗَﻘْﺘَﺮِﻥَ ﻧِﻴَﺔُ ﺍﻟْﺠَﻤْﻊِ ﺑِﺘَﺤَﺮُّﻣِﻬَﺎ
Sehingga tidak cukup jika mendahulukan niat jama’ sebelum takbiratul ihram dan mengakhirkan hingga setelah melakukan salam dari sholat yang pertama. Namun diperkenankan melakukan niat jama’ di pertengahan sholat pertama menurut pendapat al adhhar.
ﻓَﻠَﺎ ﻳَﻜْﻔِﻲْ ﺗَﻘْﺪِﻳْﻤُﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺘَّﺤْﺮِﻳْﻢِ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﺄْﺧِﻴْﺮُﻫَﺎ ﻋَﻦِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ ﻭَﺗَﺠُﻮْﺯُ ﻓِﻲْ ﺃَﺛْﻨَﺎﺋِﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺄَﻇْﻬَﺮِ
Ke tiga, muwallah (terus menerus) antara pelaksanaan sholat pertama dan sholat yang kedua, dengan arti tidak ada pemisah yang relatif lama di antara keduannya.
ﻭَﺍﻟﺜَّﺎﻟِﺚُ ﺍﻟْﻤُﻮَﺍﻟَﺎﺓُ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ ﻭَﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔِ ﺑِﺄَﻥْ ﻟَﺎ ﻳَﻄُﻮْﻝَ ﺍﻟْﻔَﺼْﻞُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ
Jika ada pemisah yang relatif panjang/lama, walaupun sebab udzur seperti tidur, maka wajib menunda pelaksanaan sholat ke dua hingga masuk waktunya.
ﻓَﺈِﻥْ ﻃَﺎﻝَ ﻋُﺮْﻓًﺎ ﻭَﻟَﻮْ ﺑِﻌُﺬْﺭٍ ﻛَﻨَﻮْﻡٍ ﻭَﺟَﺐَ ﺗَﺄْﺧِﻴْﺮُ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔِ ﺇِﻟَﻰ ﻭَﻗْﺘِﻬَﺎ
Pemisah yang relatif sebentar / pendek tidak berpengaruh di dalam muwallah antara dua sholat tersebut.
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻀُﺮُّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤُﻮَﺍﻟَﺎﺓِ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ﻓَﺼْﻞٌ ﻳَﺴِﻴْﺮٌ ﻋُﺮْﻓًﺎ
Syarat Jama’ Ta’khir
Adapun jama’ ta’khir, maka di dalam pelaksanaannya wajib untuk niat jama’ dan niat tersebut harus dilakukan di dalam waktunya sholat yang pertama.
ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺟَﻤْﻊُ ﺍﻟﺘَّﺄْﺧِﻴْﺮِ ﻓَﻴَﺠِﺐُ ﻓِﻴْﻪِ ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮْﻥَ ﺑِﻨِﻴَّﺔِ ﺍﻟْﺠَﻤْﻊِ ﻭَﺗَﻜُﻮْﻥُ ﺍﻟﻨِّﻴَّﺔُ ﻫَﺬِﻩِ ﻓِﻲْ ﻭَﻗْﺖِ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ
Boleh mengakhirkan niat hingga waktu sholat yang pertama masih tersisa masa yang seandainya sholat tersebut dilakukan saat itu niscaya akan menjadi sholat ada’.
ﻭَﻳَﺠُﻮْﺯُ ﺗَﺄْﺧِﻴْﺮُﻫَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺃَﻥْ ﻳَﺒْﻘَﻰ ﻣِﻦْ ﻭَﻗْﺖِ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ ﺯَﻣَﻦٌ ﻟَﻮِ ﺍﺑْﺘُﺪِﺋَﺖْ ﻓِﻴْﻪِ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺃَﺩَﺍﺀً
Di dalam jama’ ta’khir tidak wajib melaksanakan secara tertib, muwallah dan tidak harus niat jama’, menurut pendapat ash shahih di dalam tiga hal ini.
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺠِﺐُ ﻓِﻲْ ﺟَﻤْﻊِ ﺍﻟﺘَّﺄْﺧِﻴْﺮِ ﺗَﺮْﺗِﻴْﺐٌ ﻭَﻟَﺎ ﻣُﻮَﺍﻟَﺎﺓٌ ﻭَﻟَﺎ ﻧِﻴَّﺔُ ﺟَﻤْﻊٍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺢِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺜَّﻠَﺎﺛَﺔِ
Sholat Jama’ Sebab Hujan
Di waktu hujan, bagi orang yang muqim diperkenankan melakukan sholat jama’ antara keduanya, maksudnya antara sholat Dhuhur dan Ashar, dan antara sholat Maghirb dan Isya’, tidak di waktu sholat yang kedua, bahkan di waktu sholat yang pertama dari keduanya, jika air hujan bisa membasahi pakaian bagian teratas dan bagian sandal yang paling bawah, dan juga memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan di dalam sholat jama’ taqdim.
‏( ﻭَﻳَﺠُﻮْﺯُ ﻟِﻠْﺤَﺎﺿِﺮِ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻤُﻘِﻴْﻢِ ‏( ﻓِﻲْ ‏) ﻭَﻗْﺖِ ‏( ﺍﻟْﻤَﻄَﺮِ ﺃَﻥْ ﻳَﺠْﻤَﻊَ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ‏) ﺃَﻱِ ﺍﻟﻈُّﻬْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻭَﺍﻟْﻌِﺸَﺎﺀِ ﻟَﺎ ﻓِﻲْ ﻭَﻗْﺖِ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔِ ﺑَﻞْ ‏( ﻓِﻲْ ﻭَﻗْﺖِ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ‏) ﺇِﻥْ ﺑَﻞَّ ﺍﻟْﻤَﻄَﺮُ ﺃَﻋْﻠَﻰ ﺍﻟﺜَّﻮْﺏِ ﻭَﺃَﺳْﻔَﻞَ ﺍﻟﻨَّﻌْﻞِ ﻭَﻭُﺟِﺪَﺕِ ﺍﻟﺸُّﺮُﻭْﻁُ ﺍﻟﺴَّﺎﺑِﻘَﺔُ ﻓِﻲْ ﺟَﻤْﻊِ ﺍﻟﺘَّﻘْﺪِﻳْﻢِ
Juga disyaratkan harus turun hujan saat permulaan melakukan dua sholat tersebut.
ﻭَﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻭُﺟُﻮْﺩُ ﺍﻟْﻤَﻄَﺮِ ﻓِﻲْ ﺃَﻭَّﻝِ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺗَﻴْﻦِ
Tidak cukup hanya turun hujan di pertengahan sholat pertama dari keduanya.
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﻜْﻔِﻲْ ﻭُﺟُﻮْﺩُﻩُ ﻓِﻲْ ﺃَﺛْﻨَﺎﺀِ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ
Juga disyaratkan harus turun hujan saat melakukan salam dari sholat yang pertama, baik setelah itu hujan terus turun ataupun tidak.
ﻭَﻳُﺸْﺘَﺮَﻁُ ﺃَﻳْﻀًﺎ ﻭُﺟُﻮْﺩُﻩُ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄُﻭْﻟَﻰ ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﺍﺳْﺘَﻤَﺮَّ ﺍﻟْﻤَﻄَﺮُ ﺑَﻌْﺪَ ﺫَﻟِﻚَ ﺃَﻡْ ﻻَ
Kemurahan melakukan jama’ sebab hujan hanya tertentu bagi orang yang sholat berjama’ah di masjid atau tempat-tempat sholat berjama’ah lainnya yang jaraknya jauh menurut ukuran ‘urf , dan ia merasa berat / kesulitan untuk berangkat ke masjid atau tempat-tempat sholat berjamaah lainnya sebab kehujanan di perjalanannya.
ﻭَﺗَﺨْﺘَﺺُّ ﺭُﺧْﺼَﺔُ ﺍﻟْﺠَﻤْﻊِ ﺑِﺎﻟْﻤَﻄَﺮِ ﺑِﺎﻟْﻤُﺼَﻠِّﻲْ ﻓِﻲْ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﺑِﻤَﺴْﺠِﺪٍ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻣِﻦْ ﻣَﻮَﺍﺿِﻊِ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﺑَﻌِﻴْﺪٍ ﻋُﺮْﻓًﺎ ﻭَﻳَﺘَﺄَﺫَّﻯ ﺍﻟﺬَّﺍﻫِﺐُ ﻟِﻠْﻤَﺴْﺠِﺪِ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻣِﻦْ ﻣَﻮَﺍﺿِﻊِ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﺑِﺎﻟْﻤَﻄَﺮِ ﻓِﻲْ ﻃَﺮِﻳْﻘِﻪِ .
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)

Pelet Pengasihan Umum Mahabbah Sangat Ampuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASAL USUL ISTILAH WAHABI WAHHABI WAHHABY YG BENAR

Khasiat Doa Nurbuat atau Nurun Nubuwwah

Aku Mengenalmu Tanpa Sengaja