BAB KESUNNAHAN-KESUNNAHAN WUDLU’
BAB KESUNNAHAN-KESUNNAHAN WUDLU’
Membaca Basmalah
Kesunnahan-kesunnahan wudlu’ ada sepuluh perkara. Dalam sebagian
redaksi matan diungkapkan dengan bahasa ”sepuluh khishal” .
( ﻭَﺳُﻨَﻨُﻪُ ) ﺃَﻱِ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀِ ( ﻋَﺸْﺮَﺓُ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀَ ) ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﻧُﺴَﺦِ ﺍﻟْﻤَﺘْﻦِ ﻋَﺸْﺮُ ﺣِﺼَﺎﻝٍ
Yaitu membaca basmalah di awal pelaksanaan wudlu’. Minimal bacaan basmalah adalah
bismillah . Dan yang paling sempurna adalah
bismillahirrahmanirrahim.
( ﺍﻟﺘَّﺴْﻤِﻴَّﺔُ ) ﺃَﻭَّﻟَﻪُ ﻭَﺃَﻗَﻠُّﻬَﺎ ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺃَﻛْﻤَﻠُﻬَﺎ ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْﻢِ
Jika tidak membaca basmalah di awal wudlu’, maka sunnah melakukannya di pertengahan pelaksanaan. Jika sudah selesai melaksanakan wudlu’-dan belum sempat membaca basmalah-, maka tidak sunnah untuk membacanya.
ﻓَﺈِﻥْ ﺗَﺮَﻙَ ﺍﻟﺘَّﺴْﻤِﻴَّﺔً ﺃَﻭَّﻟَﻪُ ﺃَﺗَﻰ ﺑِﻬَﺎ ﻓِﻲْ ﺃَﺛْﻨَﺎﺋِﻪِ . ﻓَﺈِﻥْ ﻓَﺮَﻍَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀِ ﻟَﻢْ ﻳَﺄْﺕِ ﺑِﻬَﺎ .
Membasuh Kedua Telapak Tangan
Dan membasuh kedua telapak tangan hingga kedua pergelangan tangan sebelum berkumur.
( ﻭَﻏَﺴْﻞُ ﺍﻟْﻜَﻔَّﻴْﻦِ ) ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟْﻜَﻮْﻋَﻴْﻦِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟْﻤَﻀْﻤَﻀَﺔِ
Dan membasuh keduanya tiga kali jika masih ragu-ragu akan kesuciannya, sebelum memasukkannya ke dalam wadah yang menampung air kurang dari dua
Qullah .
ﻭَﻳَﻐْﺴِﻠُﻬُﻤَﺎ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﺇِﻥْ ﺗَﺮَﺩَّﺩَ ﻓِﻲْ ﻃَﻬْﺮِﻫِﻤَﺎ ( ﻗَﺒْﻞَ ﺇِﺩْﺧَﺎﻟِﻬِﻤَﺎ ﺍﻟْﺈِﻧَﺎﺀَ ) ﺍﻟْﻤُﺸْﺘَﻤِﻞَ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎﺀٍ ﺩُﻭْﻥَ ﺍﻟْﻘُﻠَّﺘَﻴْﻦِ .
Sehingga, jika belum membasuh keduanya, maka bagi dia di makruhkan memasukkannya ke dalam wadah air.
ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﻐْﺴِﻠْﻬُﻤَﺎ ﻛُﺮِﻩَ ﻟَﻪُ ﻏَﻤْﺴُﻬُﻤَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺈِﻧَﺎﺀِ .
Jika telah yaqin akan kesucian keduanya, maka bagi dia tidak dimakruhkan untuk memasukkannya ke dalam wadah.
ﻭَﺇِﻥْ ﺗَﻴَﻘَّﻦَ ﻃُﻬْﺮَﻫُﻤَﺎ ﻟَﻢْ ﻳُﻜْﺮَﻩْ ﻟَﻪُ ﻏَﻤْﺴُﻬُﻤَﺎ
Berkumur dan Memasukkan Air Ke Hidung
Dan berkumur setelah membasuh kedua telapak tangan.
( ﻭَﺍﻟْﻤَﻀْﻤَﻀَﺔُ ) ﺑَﻌْﺪَ ﻏَﺴْﻞِ ﺍﻟْﻜَﻔَّﻴْﻦِ .
Kesunnahan berkumur sudah bisa hasil / didapat dengan memasukkan air ke dalam mulut, baik di putar-putar di dalamnya kemudian di muntahkan ataupun tidak. Jika ingin mendapatkan yang paling sempurna, maka dengan cara memuntahkannya.
ﻭَﻳَﺤْﺼُﻞُ ﺃَﺻْﻞُ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﺏ
ِﺇِﺩْﺧَﺎﻝِ ﺍﻟْﻤَﺎﺀِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻔَﻢِّ ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﺃَﺩَﺍﺭَﻩُ ﻓِﻴْﻪِ ﻭَﻣَﺠَّﻪُ ﺃَﻡْ ﻟَﺎ . ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟْﺄَﻛْﻤَﻞَ ﻣَﺠَّﻪُ
Dan istinsyaq
(memasukkan air ke dalam hidung) setelah berkumur.
( ﻭَﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﻨْﺸَﺎﻕُ ) ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻤَﻀْﻤَﻀَﺔِ .
Kesunnahan istinsyaq
sudah bisa didapat dengan memasukkan air ke dalam hidung, baik ditarik dengan nafasnya hingga ke janur hidung lalu menyemprotkannya ataupun tidak. Jika ingin mendapatkan yang paling sempurna, maka dia harus mennyemprotkannya.
ﻭَﻳَﺤْﺼُﻞُ ﺃَﺻْﻞُ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﻓِﻴْﻪِ ﺑِﺈِﺩْﺧَﺎﻝِ ﺍﻟْﻤَﺎﺀِ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﻧْﻒِ , ﺳَﻮَﺍﺀٌ ﺟَﺬَﺑَﻪُ ﺑِﻨَﻔَﺴِﻪِ ﺇِﻟَﻰ ﺧَﻴَﺎﺷِﻴْﻤِﻪِ ﻭَﻧَﺜَﺮَﻩُ ﺃَﻡْ ﻟَﺎ , ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟْﺄَﻛْﻤَﻞَ ﻧَﺜَﺮَﻩُ .
Mubalaghah (mengeraskan) di anjurkan saat berkumur dan
istinsyaq .
ﻭَﺍﻟْﻤُﺒَﺎﻟَﻐَﺔُ ﻣَﻄْﻠُﻮْﺑَﺔٌ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤَﻀْﻤَﻀَﺔِ ﻭَﺍﻟْﺎِﺷْﺘِﻨْﺸَﺎﻕِ .
Mengumpulkan berkumur dan
istinsyaq dengan tiga cidukan air, yaitu berkumur dari setiap cidukan kemudian
istinsyaq , adalah sesuatu yang lebih utama daripada memisah di antara keduanya.
ﻭَﺍﻟْﺠَﻤْﻊُ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﻤَﻀْﻤَﻀَﺔِ ﻭَﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﻨْﺸَﺎﻕِ ﺑِﺜَﻠَﺎﺙِ ﻏُﺮَﻑٍ ﻳَﺘَﻤَﻀْﻤَﺾُ ﻣِﻦْ ﻛُﻞٍّ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺛُﻢَّ ﻳَﺴْﺘَﻨْﺸِﻖُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻔَﺼْﻞِ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ .
Mengusap Seluruh Kepala
Dan mengusap seluruh bagian kepala. Dalam sebagian redaksi matan diungkapkan dengan bahasa “dan meratakan kepala dengan usapan”.
( ﻭَﻣَﺴْﺢُ ﺟَﻤْﻴِﻊْ ﺍﻟﺮَّﺃْﺱِ ) ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﻧُﺴَﺦِ ﺍﻟْﻤَﺘْﻦِ ﻭَﺍﺳْﺘِﻴْﻌَﺎﺏِ ﺍﻟﺮَّﺃْﺱِ ﺑِﺎﻟْﻤَﺴْﺢِ .
Sedangkan untuk mengusap sebagian kepala hukumnya adalah wajib sebagaimana keterangan di depan.
ﺃَﻣَّﺎ ﻣَﺴْﺢُ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﺮَّﺃْﺱِ ﻓَﻮَﺍﺟِﺐٌ ﻛَﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ .
Dan seandainya tidak ingin melepas sesuatu yang berada di kepalanya yaitu surban atau sesamanya, maka dia disunnahkan menyempurnakan usapan air itu ke seluruh surbannya.
ﻭَﻟَﻮْ ﻟَﻢْ ﻳُﺮِﺩْ ﻧَﺰْﻉَ ﻣَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺃْﺳِﻪِ ﻣِﻦْ ﻋِﻤَﺎﻣَﺔٍ ﻭَﻧَﺤْﻮِﻫَﺎ ﻛَﻤَّﻞَ ﺑِﺎﻟْﻤَﺴْﺢِ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ .
Mengusap Kedua Telinga
Dan mengusap seluruh bagian kedua telinga, bagian luar dan dalamnya dengan menggunakan air yang baru, maksudnya bukan basah-basah sisa usapan kepala.
( ﻭَﻣَﺴْﺢُ ) ﺟَﻤِﻴْﻊِ ( ﺍﻟْﺄُﺫُﻧَﻴْﻦِ ﻇَﺎﻫِﺮِﻫِﻤَﺎ ﻭَﺑَﺎﻃِﻨِﻬِﻤَﺎ ﺑِﻤَﺎﺀٍ ﺟَﺪْﻳِﺪٍ ) ﺃَﻱْ ﻏَﻴْﺮِ ﺑَﻠَﻞِ ﺍﻟﺮَّﺃْﺱِ .
Dan yang sunnah di dalam cara mengusap keduanya adalah ia memasukkan kedua jari telunjuk ke lubang telinganya, memutar-mutar keduanya ke lipatan-lipatan telinga dan menjalankan kedua ibu jari di telinga bagian belakang, kemudian menempelkan kedua telapak tangannya yang dalam keadaan basah pada kedua telinganya guna memastikan meratanya usapan air ke telinga.
ﻭَﺍﻟﺴُّﻨَّﺔُ ﻓِﻲْ ﻛَﻴْﻔِﻴَّﺔِ ﻣَﺴْﺤِﻬِﻤَﺎ ﺃَﻥْ ﻳُﺪْﺧِﻞَ ﻣُﺴَﺒِّﺤَﺘَﻴْﻪِ ﻓِﻲْ ﺻَﻤَﺎﺧَﻴْﻪِ ﻭَﻳُﺪِﻳْﺮَﻫُﻤَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤَﻌَﺎﻃِﻒِ ﻭَﻳُﻤِﺮَّ ﺇِﺑْﻬَﺎﻣَﻴْﻪِ ﻋَﻠَﻰ ﻇُﻬُﻮْﺭِﻫِﻤَﺎ ﺛُﻢَّ ﻳُﻠْﺼِﻖَ ﻛَﻔَّﻴْﻪِ ﻭَﻫُﻤَﺎ ﻣَﺒْﻠُﻮْﻟَﺘَﺎﻥِ ﺑِﺎﻟْﺄُﺫُﻧَﻴْﻦِ ﺍﺳْﺘِﻈْﻬَﺎﺭًﺍ .
Menyelah-Nyelahi Jenggot, Jari Kedua Tangan dan Kaki
Dan menyelah-nyelahi bulu jenggotnya orang laki-laki yang tebal. Lafadz ”al katstsati” dengan menggunakan huruf yang di beri
titik tiga (huruf tsa’).
( ﻭَﺗَﺨْﻠِﻴْﻞِ ﺍﻟﻠِّﺤْﻴَﺔِ ﺍﻟْﻜَﺜَّﺔِ ) ﺑِﻤُﺜَﻠَّﺜَﺔٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ .
Sedangkan
jenggotnya laki-laki yang tipis, jenggotnya perempuan dan
khuntsa , maka wajib untuk diselah-selahi.
ﺃَﻣَّﺎ ﻟِﺤْﻴَﺔُ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞِ ﺍﻟْﺨَﻔِﻴْﻔَﺔُ ﻭَﻟِﺤْﻴَﺔُ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓِ ﻭَﺍﻟْﺨُﻨْﺜَﻰ ﻓَﻴَﺠِﺐُ ﺗَﺨْﻠِﻴْﻠُﻬُﻤَﺎ .
Cara menyelah-nyelahi adalah seorang laki-laki memasukkan jari-jari tangannya dari arah bawah jenggot.
ﻭَﻛَﻴْﻔِﻴَّﺘُﻪُ ﺃَﻥْ ﻳُﺪْﺧِﻞَ ﺍﻟﺮَّﺟُﻞُ ﺃَﺻَﺎﺑِﻌَﻪُ ﻣِﻦْ ﺃَﺳْﻔَﻞِ ﺍﻟﻠِّﺤْﻴَﺔِ .
Dan sunnah menyelah-nyelahi jari-jari kedua tangan dan kaki, jika air sudah bisa sampai pada bagian-bagian tersebut tanpa diselah-selahi.
( ﻭَﺗَﺨْﻠِﻴْﻞُ ﺃَﺻَﺎﺑِﻊِ ﺍﻟْﻴَﺪَّﻳْﻦِ ﻭَﺍﻟﺮِّﺟْﻠَﻴْﻦِ ) ﺇِﻥْ ﻭَﺻَﻞَ ﺍﻟْﻤَﺎﺀُ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺗَﺨْﻠِﻴْﻞٍ .
Jika air tidak bisa sampai pada bagian tersebut kecuali dengan cara diselah-selahi seperti jari-jari yang menempel satu sama lain, maka wajib untuk diselah-selahi.
ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﻞْ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﻪِ ﻛَﺎﻟْﺄَﺻَﺎﺑِﻊِ ﺍﻟْﻤُﻠْﺘَﻔَّﺔِ ﻭَﺟَﺐَ ﺗَﺨْﻠِﻴْﻠُﻬَﺎ .
Jika jari-jari yang menempel itu sulit untuk diselah-selahi karena terlalu melekat, maka haram di sobek karena tujuan untuk diselah-selahi.
ﻭَﺇٍﻥْ ﻟَﻢْ ﻳَﺘَﺄَﺕَّ ﺗَﺨْﻠِﻴْﻠُﻬَﺎ ﻟِﺎﻟْﺘِﺤَﺎﻣِﻬَﺎ ﺣَﺮُﻡَ ﻓَﺘْﻘُﻬَﺎ ﻟِﻠﺘَّﺨْﻠِﻴْﻞِ .
Cara menyelah-nyelahi kedua tangan adalah dengan
tasybik . Dan cara menyelah-nyelahi kedua kaki adalah dengan menggunakan jari kelingking tangan kanan di masukkan dari arah bawah kaki, di mulai dari selah-selah jari kelingking kaki kanan dan di akhiri dengan jari kelingking kaki kiri.
ﻭَﻛَﻴْﻔِﻴَّﺔُ ﺗَﺨْﻠِﻴْﻞِ ﺍﻟْﻴَﺪَّﻳْﻦِ ﺑِﺎﻟﺘَّﺸْﺒِﻴِﻚِ ﻭَﺍﻟﺮِّﺟْﻠَﻴْﻦِ ﺑِﺄَﻥْ ﻳَﺒْﺪَﺃَ ﺑِﺨِﻨْﺼِﺮِ ﻳَﺪِّﻩِ ﺍﻟْﻴُﺴْﺮَﻯ ﻣِﻦْ ﺃَﺳْﻔَﻞِ ﺍﻟﺮِّﺟْﻞِ ﻣُﺒْﺘَﺪِﺋًﺎ ﺑِﺨِﻨْﺼِﺮِ ﺍﻟﺮِّﺟْﻞِ ﺍﻟْﻴُﻤْﻨَﻰ ﺧَﺎﺗِﻤًﺎ ﺑِﺨِﻨْﺼِﺮِ ﺍﻟْﻴُﺴْﺮَﻯ .
Mendahulukan Bagian Kanan
Dan sunnah mendahulukan bagian kanan dari kedua tangan dan kaki sebelum bagian kiri dari keduanya.
( ﻭَﺗَﻘْﺪِﻳْﻢُ ﺍﻟْﻴُﻤْﻨَﻰ ) ﻣِﻦْ ﻳَﺪَّﻳْﻪِ ﻭَﺭِﺟْﻠَﻴْﻪِ ( ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻴُﺴْﺮَﻯ ) ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ .
Sedangkan untuk dua anggota yang mudah dibasuh secara bersamaan seperti kedua pipi, maka tidak disunnahkan untuk mendahulukan bagian yang kanan dari keduanya, akan tetapi keduanya di sucikan secara bersamaan.
ﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻌُﻀْﻮَﺍﻥِ ﺍﻟﻠَّﺬَﺍﻥِ ﻳَﺴْﻬُﻞُ ﻏَﺴْﻠُﻬُﻤَﺎ ﻣَﻌًﺎ ﻛَﺎﻟْﺨَﺪَّﻳْﻦِ ﻓَﻠَﺎ ﻳُﻘَﺪَّﻡُ ﺍﻟْﺄَﻳْﻤَﻦُ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﺑَﻞْ ﻳُﻄَﻬَّﺮَﺍﻥِ ﺩَﻓْﻌَﺔً ﻭَﺍﺣْﺪَﺓً .
Mengulangi Tiga Kali dan Muwwallah (Terus Menerus)
Mushannif menyebutkan kesunnahan mengulangi basuhan dan usapan anggota wudlu’ sebanyak tiga kali di dalam perkataan beliau,
“dan sunnah melakukan bersuci tiga kali tiga kali.” Dalam sebagian teks diungkapkan dengan bahasa “mengulangi anggota yang dibasuh dan yang diusap.”
ﻭَﺫَﻛَﺮَ ﺍﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ ﺳُﻨِّﻴَّﺔَ ﺗَﺜْﻠِﻴْﺚِ ﺍﻟْﻌُﻀْﻮِ ﺍﻟْﻤَﻐْﺴُﻮْﻝِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻤْﺴُﻮْﺡِ ﻓْﻲْ ﻗَﻮْﻟِﻪِ ( ﻭَﺍﻟﻄَّﻬَﺎﺭَﺓُ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ﺛَﻠَﺎﺛًﺎ ) ﻭَﻓِﻲْ ﺑَﻌْﺾِ ﺍﻟﻨُّﺴَﺦِ ﻭَﺍﻟﺘِّﻜْﺮَﺍﺭُ ﺃَﻱْ ﻟِﻠْﻤَﻐْﺴُﻮْﻝِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻤْﺴُﻮْﺡِ .
Dan muwallah (terus menerus). Muwallah diungkapkan dengan bahasa
“tatabbu’” (terus menerus). Muwallah
adalah antara dua anggota wudlu’ tidak terjadi perpisahan yang lama, bahkan setiap anggota langsung disucikan setelah mensucikan anggota sebelumnya, sekira anggota yang dibasuh sebelumnya belum kering dengan keaadan angin, cuaca dan zaman dalam keadaan normal.
( ﻭَﺍﻟْﻤُﻮَﺍﻟَّﺎﺓُ ) ﻭَﻳُﻌَﺒَّﺮُ ﻋَﻨْﻬَﺎ ﺑِﺎﻟﺘَّﺘَﺎﺑُّﻊِ ﻭَﻫِﻲَ ﺃَﻥْ ﻟَﺎ ﻳَﺤْﺼُﻞَ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﻌُﻀْﻮَﻳْﻦِ ﺗَﻔْﺮِﻳْﻖٌ ﻛَﺜِﻴْﺮٌ ﺑَﻞْ ﻳُﻄَﻬِّﺮُ ﺍﻟْﻌُﻀْﻮَ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻌُﻀْﻮِ ﺑِﺤَﻴْﺚُ ﻟَﺎ ﻳَﺠِﻒُّ ﺍﻟْﻤَﻐْﺴُﻮْﻝُ ﻗَﺒْﻠَﻪُ ﻣَﻊَ ﺍﻋْﺘِﺪَﺍﻝِ ﺍﻟْﻬَﻮَﺍﺀِ ﻭَﺍﻟْﻤِﺰَﺍﺝِ ﻭَﺍﻟﺰَّﻣَﺎﻥِ .
Ketika mengulangi basuhan hingga tiga kali, maka yang jadi patokan adalah basuhan yang terakhir.
ﻭَﺇِﺫَﺍ ﺛَﻠَّﺚَ ﻓَﺎﻟْﺎِﻋْﺘِﺒَﺎﺭُ ﻟِﺂﺧِﺮِ ﻏَﺴْﻠَﺔٍ .
Muwallah hanya disunnahkan di selain wudlu’nya shahibud dlarurah (orang yang memiliki keadaan darurat). Sedangan untuk shahibur dlarurah, maka
muwallah hukumnya wajib bagi dia.
ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺗُﻨْﺪَﺏُ ﺍﻟْﻤُﻮَﺍﻟَّﺎﺓُ ﻓِﻲْ ﻏَﻴْﺮِ ﻭُﺿُﻮْﺀِ ﺻَﺎﺣِﺐِ ﺍﻟﻀَّﺮُﻭْﺭَﺓِ . ﺃَﻣَّﺎ ﻫُﻮَ ﻓَﺎﻟْﻤُﻮَﺍﻟَّﺎُﺓ ﻭَﺍﺟِﺒَﺔٌ ﻓِﻲْ ﺣَﻘِّﻪِ .
Dan masih ada lagi kesunnahan-kesunnahan wudlu’ lainnya yang disebutkan di dalam kitab-kitab yang panjang keterangannya.
ﻭَﺑَﻘِﻲَ ﻟِﻠْﻮُﺿُﻮْﺀِ ﺳُﻨَﻦٌ ﺃُﺧْﺮَﻯ ﻣَﺬْﻛُﻮْﺭَﺓٌ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤُﻄَﻮَّﻟَﺎﺕِ .
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Komentar
Posting Komentar